November 12, 2017

Pulau Putri 2

Pulau Putri 2
Liburan gak harus jauh-jauh dari Jakarta, buat yang berdomisili sekitar Jakarta gak perlu bingung mau liburan kemana, masih banyak tempat yang bisa banget masuk list tujuan liburan, salah satunya ya Pulau Putri.
Pulau Putri termasuk ke dalam gugusan Kepulauan Seribu. Pulau Putri sendiri terbagi menjadi dua pulau, yaitu Pulau Putri 1 dan Pulau Putri 2. Kebetulan saya perginya ke Pulau Putri 2. Untuk menuju pulau ini bisa menggunakan kapal boat dari dermaga Marina di Taman Impian Jaya Ancol atau dari Pelabuhan Muara Angke. Bedanya apa? Kalau dari Marina kapalnya lebih cepat, lebih nyaman karena gak terlalu banyak penumpang, dan tentunya lebih mahal. Sedangkan kalau dari Muara Angke kapalnya besar, jalannya lebih lambat, dan penuh sesak penumpang, tapi harganya lebih murah.

Berhubung saya berangkat dari Marina, perjalanannya hanya ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5-2 jam, kapal boatnya juga milik Pulau Putri. Sepanjang jalan yang dilihat ya hanya laut, sesekali terlihat sampah juga si, sungguh miris 😢.

Begitu tiba di Pulau Putri bakal disuguhi tarian dari cewek-cewek berpakaian tradisional, dan juga mendapat welcome drink, lumayan banget buat melepas haus selama perjalanan. Di pulau ini juga terdapat penginapan. Penginapannya semacam resort gitu, dan bentuknya rumah panggung. Kenapa rumah panggung, menurut saya selain demi keamanan dari air laut yang pasang, juga demi terhindar dari biawak yang mencoba masuk kamar. Biawak? Iya banyak banget biawak yang berkeliaran, dan suka ngumpet di kolong bangunan kamar. Warna kulit biawak yang menyerupai pohon seringkali membuat saya terkecoh. Jadi berhati-hatilah saat nyender dipepohonan yang ada disepanjang bibir pantai Pulau Putri II.

Kamar panggung
Kamarnya dari luar terlihat kecil ternyata dalamnya lumayan luas, gak harus dempet2an karena saya satu kamar dengan dua orang teman saya, alias bertiga. Fasilitasnya standar kamar resort ya, toilet di dalam dan televisi.

Di pulau ini juga ada restorannya, cukup luas untuk ukuran restoran di sebuah pulau kecil. Berbagai makan makanan juga ada, hanya saja didominasi sama seafood. Yang mau renang tapi gak mau di laut, disini juga ada kolam renang air payau (tawar agak asin sedikit). Sebuah pulau dengan tujuan untuk destinasi wisata tentu banyak plusnya nih, seperti fasilitas olahraga airnya. Ada snorkeling, banana boat, dan kalau mau lihat sunset bisa ikut paket sunset cruise. 

Spot snorkelingnya sendiri ada di sebelah kiri dermaga utama, jadi gak harus nyebrang dulu. Alam bawah lautnya bisa dibilang bagus banget walaupun dekat dengan dermaga. Karang dan ikannya berwarna warni, dan kalau dikasih roti langsung ngumpul ikannya rebutan makan potongan roti. Didasarnya juga banyak terdapat bulu babi. Ada tuh wisatawan WNA yang asik sama anaknya buat nangkepin bulu babi dan begitu dapet langsung dibelah dan dimakan gitu aja isinya. Entah bagaimana rasanya. 
Pulau Putri 2 
Pulau Putri 2 
Pulau Putri 2 
Pulau Putri 2
Sunset cruisenya sendiri dimulai sore hari, yaiyalah namanya juga untuk menikmati sunset. Jadi pengunjung naik boat menuju arah terbenamnya matahari. Kapal boat terus berjalan lambat menyusuri lautan menuju arah matahari. Saya memilih duduk di geladak kapal boat bersama yang lain, karena dari sana bisa dilihat dengan jelas mataharinya. Ada dua wisatawan dari Korea yang minta foto bersama, dan salah satunya mengaku mirip dengan Mario Teguh, hahaha tapi emang asliiii miriiiip banget! Saat matahari semakin terbenam, boat berhenti tepat lurus dengan matahari. Gilee romantis bangeeet, saya aja yang sendiri gak sama pasangan bisa merasa romantis, apalagi yang berdua bersama pasangan, ahaay 😊 .

Di Pulau Putri juga tersedia kolam renang air laut yang merupakan fasilitas resort dengan kadar garam yang rendah. Awalnya saya gak percaya ketika teman saya bilang air kolam renangnya asin sampai saya coba buat nyelam dan merasakan sendiri. Berenang ditemani sinar matahari pagi sangat membuat otak fresh, ditambah ada bule ganteng yang tiba-tiba  ikut berenang, bukan hanya memanjakan otak dan badan, tapi juga memanjakan mata, hahaha.

Satu lagi nih fasilitas yang disediakan di Pulau Putri yaitu glass bottom boat, yaitu naik perahu yang didalamnya terdapat 'basement' dan pinggirannya terdapat kaca-kaca untuk melihat pemandangan bawah laut. Menurut saya sih kurang asik ya karena selain ruangannya sempit, juga kacanya agak buram, jadi gak gitu jelas.

Secara keseluruhan, Pulau Putri 2 sangat saya rekomendasikan sebagai tujuan wisata, hanya memang harus menyiapkan budget yang cukup besar, yaitu sekitar 1,7juta/orang tapi sesuailah dengan kenyamanan yang didapat, servicenya memuaskan, pemandangannya juga bagus, deg-degannya juga dapet karena kalau jalan keluar kamar takut ketemu biawak yang suka mengendap-endap, cocok untuk berbulan madu 😊.

6 comments:

  1. Ternyata bawah laut Jakarta keren gini ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, bawah laut Jakarta masih banyak yang bagus kok..

      Delete
  2. Pingin coba nyemplung juga nuih di bawah laut jakarta. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo bang disempatkan nyemplung di laut Jakarta

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete